Pages

Powered by Blogger.

About

Pages - Menu

Friday, October 12, 2012

Kepribadian Bangsa Timur (Tulisan 1)





Dalam sejarah peradaban manusia terciptalah berbagai macam budaya di dunia. Hal ini terjadi karena berkembangnya pemikiran manusia, perubahan alam, kehidupan sosial dan sebagainya. Berikut ini yang akan menjadi bahan kajian adalah kepribadian bangsa timur
Kepribadian bangsa timur terdapat perbedaan yang mendasar antara perubahan sosial dengan perubahan budaya. Perubahan sosial meliputi perubahan dalam perbedaan usia, tingkat kelahiran, dan penurunan rasa kekeluargaan antar anggota masyarakat, sebagai akibat terjadinya arus urbanisasi dan modernisasi. Perubahan kebudayaan jauh lebih luas dari perubahan sosial, perubahan budaya meliputi aspek banyak kehidupan seperti kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, aturan-aturan hidup, berorganisasi, dan filsafat.
Kepribadian bangsa timur berbeda dengan kepribadian bangsa barat, dari wilayahnya, lingkungan, gaya hidup, kebiasaan dan kebudayaanya. Berbicara tentang bangsa timur, hampir sebagian besar orang berpikir identik dengan benua asia, yang penduduknya sebagian besar, berkulit sawo matang, berambut hitam, dan sebagian pula berkulit putih disertai mata yang sipit.
Bangsa Timur dikenal sebagai bangsa yang baik, ramah tamah, dan saling bertoleransi. Selain itu dalam berpakaian pun, bangsa timur tergolong sopan. Mereka pun sangat melestarikan budaya masing-masing dan mempunyai adat istiadat yang di junjung tinggi.
Salah satu negara yang di kenal sebagai bangsa timur yaitu negara kita sendiri. Indonesia merupakan bangsa yang majemuk, yang artinya terdiri dari suku-suku bangsa dengan bahasa daerah yang berbeda dan terdapat berbagai macam budaya di dalamnya. Selain di kenal sebagai bangsa yang majemuk, bangsa Indonesia juga di kenal sebagai bangsa yang bisa menjaga dan melestarikan budaya serta adat istiadat yang telah ada turun temurun sejak dulu. Namun dengan terdapatnya banyak perbedaan, hal ini justru menambah rasa persatuan dan kesatuan di dalam kehidupan masyarakat, sesuai dengan simbolnya, Bhineka Tunggal Ika.
Dari pembahasan kepribadian bangsa timur tersebut , khususnya contoh dari negara Indonesia, dapat kita petik kesimpulan, bahwa bangsa timur adalah bangsa yang sangat menjunjung tinggi nilai dan norma-norma kesopanan, kebersamaan, toleransi dan peduli terhadap sesama. Serta memiliki pribadi yang dapat melestarikan dan menjaga warisan budaya.


Nama   : Septiaji Fajar Riyanto
NPM   : 16611682
Kelas   : 2SA04

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About